PROPOSAL USAHA MARATABAK DESA BARU

I. Latar Belakang
Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.

Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi makanan konsumsi untuk malam hari, dan sekaligus merupakan makanan yang juga cukup istimewa adalah "Martabak Manis". Dengan pembuatan Martabak Manis yang dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.

Keberadaan Martabak Manis sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, dan juga lezat memang telah dikenal dari masa kemasa, sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternatif di Indonesia.

Dengan hal tersebut, maka saya ingin membuat usaha makanan, yaitu usaha makanan "Martabak Manis" untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat tidak akan pernah lupa dengan masakan khas Indonesia tersebut.

II. Tujuan Kegiatan
Tujuan saya memilih jenis usaha ini yaitu:
1.       Mencari keuntungan/laba
2.       Menarik minat konsumen untuk merasakan masakan yang sudah cukup terkenal
3.       Mencapai target penjualan
III. Jenis Kegiatan
- Menganalisa potensi pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijanali tersebut dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen)
- Menentukan objek pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau masyarakat (konsumen)
- Menetapkan target / sasaran pasar
Dalam menjalankan usaha harus menetapkan target/sasaran pasar usaha dengan cara melihat perbedaanya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam membelinya.

IV. Tema Kegiatan
Untuk meningkatkan perekonomian keluarga dan menambah lapangan pekerjaan bagi pengangguran.

V. Peserta Kegiatan
Saya sendiri selaku pembuat proposal dan 2 orang kariyawan.

VI. Waktu dan Tempat Kegiatan
Waktu : 12 Desember 2012
Tempat : Desa Baru

VII. Pengelola Kegiatan
Nama             : Erpiandi
TTL                : 02 Oktober 1994
Alamat           : Desa Baru
No Tlp            : 085766149692

Di ketahui    : Wali Nagari dan Pengurus setempat.

VII. Anggaran Biaya
A). Apsek Modal

- Bahan Baku
1. Terigu 2 kg                           Rp 14.000
2. Telur 1 kg                             Rp 12.000
3. Gula Pasir 1 Kg                   Rp 10.000
4. Air                                            Rp  3.000
5. Garam                                    Rp  3.000
6. Soda kue                               Rp  5.000
7. Blue Band                             Rp  3.000
8. Pewarna kuning                Rp  3.000
9. Fermipan                              Rp 3.000
Total                                          Rp  56.000
                     
- Bahan Taburan
1. Kacang tanah 1/2 kg        Rp  5.000
2. Meises                                    Rp  5.000
3. Keju                                         Rp 11.000
4. Susu kental manis             Rp  7.000
5. Wijen                                      Rp  5.000
Total                                          Rp 33.000

B). Gaji Kariyawan
Untuk menggaji 2 orang kariyawan sebesar Rp 1.500.000 per bulan.

C). Sewa tempat
Untuk menyewa tempat di kenakan biaya Rp 300.000 per Bulan.

- MODAL
1. Bahan baku Rp 56.000 x 30 hari                             = Rp 1.600.000
2. Bahan taburan Rp 33.000 x 30 hari                       = Rp 99.000
3. Bahan baku tambahan Rp 30.000 x 30 hari       = Rp 990.000
4. Gaji Kariyawan                                                               Rp 1.500.000
5. Sewa Tempat                                                                  Rp 300.000
Total                                                                                       Rp 4.489.000

- Perhitungan Keuntungan
Harga Jual: Rp 6.000 x 40 porsi  = Rp 240.000 Per hari x 30 hari             = Rp 7.200.000 potong total modal Rp 4.489.000. Jadi perkiraan bersih per Bulan  =    Rp 2.411.000.

VII. Penutup 
Demikianlah proposal ini saya ajukan semoga bapak dapat memberikan pinjaman dana sebesar perkiraan di atas. Dan harapan saya untuk produk "Martabak Manis" Adalah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. supaya produk makanan ini tidak berkurang, karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.

Nama                  : ERPIANDI
Kelas                   : XII TKJ
Tugas                  : Bahasa Indonesia
Tahun                 : 2012


Gokil--andi02blogspot.com

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Free Templates | Mas Template
Copyright © 2012. 4ndy 6okil |46| - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger